Selasa, 03 April 2012

10 Hewan Mengagumkan Yang Telah Punah


1.Tyrannosaurus Rex (punah 65 juta tahun lalu)

Tyrannosaurus rex (Tyrannosaurus, arti 'kadal yang kejam' / rex, arti 'raja) merupakan salah satu jenis dinosauruskarnivora yang terbesar. T-rex dapat tumbuh sepanjang 12 meter (sekitar 40 kaki)dan berat mencapai 7 ton . Dinosaurus ini memangsa dinosaurus herbivora besar seperti triceratops dan edmontosaurus yang merupakan herbivora terbesar di saat itu. Selain itu tyrannosaurus juga diketahui memiliki salah satu gigitan terkuat dibanding hewan lain yang pernah ada.

Fosil T. rex ditemukan di formasi batu Amerika Utara dating ke tiga juta tahun terakhir Periode Cretaceous pada akhir tahap Maastrichtian, sekitar 68,5-65.500.000 tahun yang lalu, melainkan di antara dinosaurus terakhir untuk ada sebelum peristiwa kepunahan Cretaceous-Tersier. Lebih dari 30 T. rex spesimen telah diidentifikasi, beberapa di antaranya hampir menyelesaikan kerangka. Beberapa peneliti telah menemukan jaringan lunak juga. Banyaknya bahan fosil telah memungkinkan penelitian yang signifikan ke dalam banyak aspek biologi, termasuk sejarah kehidupan dan biomekanik.

2.Quagga: setengah zebra, kuda setengah (punah sejak 1883)

Quagga yang menyerupai zebra dan pernah ditemukan dalam jumlah besar di Afrika Selatan. Quagga dapat dibedakan dari zebra lain dengan memiliki tanda pada bagian depan tubuh. Quagga merupakan campuran dari kuda dan zebra. Nama Quagga berasal dari kata Khoikhoi untuk zebra. Quagga punah akibat perburuan oleh manusia yang berusaha mendapat daging dan kulitnya.

Ini adalah salah satu hewan paling terkenal di Afrika yang telah punah, quagga adalah subspesies dari zebra dataran, yang pernah ditemukan dalam jumlah besar di Afrika Selatan Cape Propinsi dan bagian selatan Orange Free State. Hal ini dibedakan dari zebra lain dengan memiliki tanda hidup biasa pada bagian depan tubuh saja. Pada bagian pertengahan, garis-garis memudar dan gelap, ruang antar-garis menjadi lebih luas, dan bagian belakangnya adalah cokelat polos. Nama berasal dari kata Khoikhoi untuk zebra dan onomatopoeic, yang dikatakan menyerupai panggilan quagga itu.

Quagga awalnya diklasifikasikan sebagai spesies individu, Equus quagga, pada 1788. Selama lima puluh tahun mendatang atau lebih, banyak zebra lain digambarkan oleh naturalis dan penjelajah. Karena variasi yang besar dalam pola mantel (tidak ada dua zebra yang sama), taksonomis yang tersisa dengan sejumlah besar dijelaskan "spesies", dan tidak ada cara mudah untuk membedakan mana ini adalah spesies yang benar, yang subspesies, dan mana yang hanya alam varian. Jauh sebelum kebingungan ini disortir keluar, quagga sudah diburu ke kepunahan untuk daging, kulit, dan melestarikan pakan untuk saham peliharaan. Quagga liar terakhir itu mungkin ditembak pada 1870-an akhir, dan spesimen terakhir meninggal di penangkaran pada 12 Agustus 1883 pukul kebun binatang Artis Magistra di Amsterdam.

3.Thylacine: Harimau Tasmania (punah sejak 1936)

Harimau Tasmania (Thylacinus cynocephalus) adalah marsupial karnivora masa modern terbesar yang pernah diketahui. Binatang ini berasal dari Australia dan pulau Papua dan dinyatakan punah pada abad ke-20. Binatang ini disebut harimau Tasmania karena punggungnya yang bercorak belang, namun ada juga yang menyebutnya serigala Tasmania, dan dari mulut ke mulut disebut harimau Tassie (atau Tazzy) atau cukup harimau saja.[a] Binatang ini adalah spesies terakhir dari genusnya, Thylacinus. Sebagaian besar spesiesnya ditemukan dalam bentuk fosil yang berasal dari awal zaman Miosen.

Harimau Tasmania punah di daratan Australia ribuan tahun sebelum kedatangan bangsa Eropa di Australia, namun berhasil bertahan di pulau Tasmania bersama dengan sejumlah spesies endemik lainnya, termasuk setan Tasmania. Selain akibat perburuan berhadiah yang berlebihan, kepunahan hewan ini mungkin juga disebabkan oleh serangan penyakit, anjing, dan gangguan manusia terhadap habitatnya. Meskipun secara resmi dianggap telah punah, laporan tentang terlihatnya hewan ini masih ada.
http://www.cryptomundo.com/wp-content/thylacine2.jpg

4.Steller Sea Cow (punah sejak 1768)

Dahulu ditemukan di dekat pantai Asiatic Laut Bering, ditemukan di pada 1741 oleh naturalis Georg Steller, yang bepergian dengan explorer Vitus Bering. Sapi laut tumbuh sampai 7,9 meter (25,9 kaki) dan beratnya sampai tiga ton, jauh lebih besar daripada manatee atau dugong. Hewan ini tampak agak seperti anjing laut besar, tapi ada dua forelimbs gemuk dan ekor yang mirip paus. Menurut Steller, "binatang tidak pernah keluar di pantai, tetapi hidup di air. Kulitnya berwarna hitam dan tebal, seperti kulit kayu pohon , kepalanya tidak sebanding dengan tubuhnya , ia tidak memiliki gigi, tetapi memiliki dua tulang putih-satu flat di bagian atas dan bawah " Fosil menunjukkan bahwa Sapi Laut Steller sebelumnya tersebar luas di sepanjang pantai Pasifik Utara, mencapai selatan ke Jepang dan California.perburuan di daerah tersebut adalah penyebab kepunahannya.

5. Rusa Irlandia: rusa terbesar yang pernah hidup (punah sekitar 7.700 tahun yang lalu)

The Elk Irlandia atau Rusa Raksasa, adalah rusa terbesar yang pernah hidup. Tinggal di Eurasia, dari Irlandia ke sebelah timur Lake Baikal, selama jaman Pleistocene dan awal Holocene. Hewan ini adalah yang terakhir spesiesnya sekitar 5.700 BC, atau sekitar 7.700 tahun yang lalu. Rusa Raksasa terkenal untuk ukuran yang laur biasa (sekitar 2,1 meter atau 7 kaki ), dan khususnya untuk memiliki tanduk terbesar dari setiap cervid, tanduknya berukuran (maksimum 3,65 meters/12 kaki dari ujung ke ujung dan beratnya mencapai sampai 90 pon).

6. Caspian Tiger: ketiga terbesar (punah sejak 1970)

Harimau Caspian atau harimau Persia adalah subspesies harimau barat, ditemukan di Iran, Irak, Afghanistan, Turki, Mongolia, Kazakhstan, Kaukasus, Tajikistan, Turkmenistan dan Uzbekistan, Hewan ini punah di tahun 1970. Dari semua harimau dikenal dunia, harimau Caspian adalah yang terbesar ketiga.

Tubuh subspesies ini cukup kekar dan memanjang dengan kaki yang kuat, kaki lebar besar dan cakar yang luar biasa besar. Telinga pendek dan kecil. Sekitar pipi harimau berbulu dan seluruh bulu panjang dan tebal. Warnanya mirip yang dari harimau Bengal. Harimau Kaspia jantan sangat besar dan berat 169-240 kg. sedangkan betinanya berukuran lebih kecil, dengan berat 85-135 kg. 

7. Aurochs (Punah sejak 1627)

Salah satu hewan paling terkenal di Eropa yang telah punah, aurochs atau urus (Bos primigenius) adalah jenis yang sangat besar . Aurochs berkembang di India sekitar dua juta tahun yang lalu, bermigrasi ke Timur Tengah dan lebih lanjut ke dalam Asia, dan mencapai Eropa sekitar 250.000 tahun yang lalu.

Pada abad ke-13, perburuan atas aurochs dibatasi di Polandia, Lituania, Moldavia, Transylvania dan Prussia Timur . Hak untuk berburu hewan besar di darat pun terbatas pada bangsawan dan secara bertahap untuk rumah tangga kerajaan. Karena populasi aurochs terus menurun.

Pada 1920-an dua penjaga kebun binatang Jerman, Heinz dan Lutz Heck bersaudara, mencoba untuk mengembang biak aurochs kembali Rencana mereka didasarkan pada konsepsi bahwa spesies tidak punah selama gennya masih berada dalam klas polulasi . Hasilnya adalah jenis yang disebut Heck Cattle, atau 'Heck Aurochs'.

8.The Great Auk: terbesar dari semua Auks (punah sejak 1844)

The Great Auk adalah satu-satunya spesies dalam genus Pinguinus, Auks raksasa ini berasal dari Atlantik. Dengan Tinggi sekitar 75 cm atau 30-34 inci tinggi dan berat sekitar 5 kg, Great Auk adalah yang terbesar dari Auks. Ia memiliki bulu hitam putih dan mengkilap. Dahulu Great Auk ditemukan dalam jumlah besar pada pulau-pulau di Kanada timur, Greenland, Islandia, Norwegia, Irlandia dan Inggris Raya. 

9. Singa Gua : salah satu singa terbesar yang perah ada (punah 2.000 tahun yang lalu)

Singa gua, juga dikenal sebagai singa Eurasian , Hewan ini adalah subspesies singa prasejarah ( diketahui dari fosil dan berbagai seni prasejarah ). Subspesies ini adalah salah satu singa terbesar. Ditemukan pada tahun 1985 dekat Siegsdorf (Jerman), memiliki tinggi sekitar 1,2 m dan panjang 2,1 m ini bahkan terlampaui oleh spesimen lain dari subspesies yang sama. Oleh karena itu Hewan ini mungkin sekitar 5-10% lebih besar daripada singa modern.

10. Burung Dodo (punah sejak abad ke-17)

Dodo (Raphus cucullatus) adalah burung yang tak dapat terbang yang pernah hidup di pulau Mauritius. Burung ini berhubungan dengan merpati. Burung ini memiliki tinggi sekitar satu meter, pemakan buah-buahan, dan bersarang di tanah.
Dodo punah antara pertengahan sampai akhir abad ke-17. Kepunahannya sering dijadikan arketipe karena terjadi dalam sejarah manusia dan akibat aktivitas manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar